Perbandingan Teknologi HF dan UHF

Perbandingan Teknologi HF dan UHF

Perbandingan Teknologi HF dan UHF

Saat ini ada 2 teknologi RFID yang bersaing cukup ketat. Keduanya dibedakan dari frekuensinya, High Frequency (HF) dan Ultra High Frequency (UHF).

Tim kami sudah meriset keduanya dalam beberapa aplikasi berbeda. Namun baru beberapa saat yang lalu berkesempatan untuk menggunakan UHF pada sistem perpustakaan, dimana sebelumnya kami menggunakan teknologi HF.

Berikut ini perbedaan kedua teknologi berdasarkan uji coba pada beberapa produk yang kami miliki.

Fitur HF UHF
Jarak deteksi jarak relatif pendek (rata2 hanya 15 - 30 cm) jarak jauh (bisa sampai 10 m)
Efek jarak deteksi proses inventaris bisa lebih spesifik proses inventaris bisa menjangkau banyak item sekaligus
Tag

kapasitas memori data lebih besar

setelah dikunci tidak bisa ditulis ulang

kapasitas memori data sangat terbatas

bisa dikunci menggunakan password dan ditulis ulang

Interferensi tag pada umumnya lebih tahan dari gangguan kondisi lingkungan meski tetap ada pengaruhnya pada umumnya lebih mudah dipengaruhi kondisi lingkungan seperti cairan, logam, EMI, bahkan manusia (ada produk tag khusus untuk penggunaan dekat cairan, dll)
Lain-lain Tag bisa berjarak sangat dekat/menempel dengan reader/writer Tag bisa berjarak sangat dekat/menempel dengan reader/writer, namun untuk optimalnya, harus ada jarak (kira-kira 1 inci)


Masing-masing teknologi memiliki kelebihan dan kelemahan yang saling melengkapi. Sepintas teknologi HF memiliki lebih banyak keunggulan, namun keterbatasan jarak membuatnya lebih cocok untuk mendeteksi tiap kemasan obat-obatan yang berukuran kecil. Sedangkan teknologi UHF yang sanggup mendeteksi dalam jangkauan yang luas membuatnya cocok untuk digunakan pada kargo bandara internasional dan gudang penyimpanan. Tapi ada aplikasi dimana keduanya bisa dibilang cukup berimbang, seperti pada perpustakaan.

Saat ini, mayoritas proyek yang kami tangani menggunakan teknologi HF. Namun proyek yang menggunakan teknologi UHF juga tidak sedikit. Perbedaan kebutuhan konsumen membutuhkan solusi yang berbeda pula.

Kami akan tetap bereksperimen dan menguji teknologi yang ada demi memberikan solusi terbaik bagi konsumen.